• WAP dan WML

    Kita tahu bahwa Protokol WAP dibuat untuk menampilkan konten website pada jaringan klien Wireless, seperti pada ponsel. WML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman yang nantinya ditampilkan pada browser ponsel. Disini anda akan mempelajari tentang WAP dan WML. Anda akan mempelajari bagaimana cara merubah (convert) halaman HTML ke bentuk format sederhana yang tentunya bisa di akses melalui klien wireless seperti ponsel.


    Sebelum melanjutkan pembelajaran ini, anda tentunya harus memiliki dasar pengetahuan tentang HTML, JavaScript dan XML.

    PENGERTIAN DARI WAP?
    Industri jaringan wireless dimulai dengan ide sebuah WAP. Tujuan dasar industri ini adalah mampu untuk menampilkan kontek website pada perangkat wireless dalam bentuk sederhana.

    * WAP merupakan singkatan dari Wireless Application Protocol.
    * WAP adalah protokol aplikasi dan komunikasi.
    * WAP digunakan untuk mengakses sebuah layanan informasi.
    * WAP merupakan bentuk sederhana dari standar informasi internet.
    * WAP dibangun khusus untuk jaringan wireless seperti ponsel.
    * WAP adalah protokol yang dibangun untuk mikro browser.
    * WAP memungkinkan pembuatan aplikasi web untuk perangkat ponsel.
    * WAP menggunakan bahasa WML, bukan HTML.
    * WAP didefinisikan sebagai aplikasi XML 1.0

    APLIKASI PROTOKOL WIRELESS
    Protokol WAP menjadi standar layanan informasi pada terminal wireless seperti ponsel digital. WAP didasarkan pada standar internet seperti HTML, XML dan TCP/IP. Terdiri dari spesifikasi bahasa WML, Skripsi WML, dan Wireless Telephone Application Interface (WTAI). WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pada 1997 oleh Ericsson, Motorola, dan NokiaUnwired Planet. Member forum tersebut sekarang dan masih mewakili lebih dari 90% dari pasar global pada ponsel, seperti halnya infrastruktur provider dan pengembangan teknologi pada software.

    WAP MIKRO BROWSER
    Untuk menyesuaikan dengan terminal wireless kecil, WAP menggunakan Mikro Browser. Mikro Browser adalah bagian kecil dari software yang hanya menggunakan sedikit porsi dari kerja hardware, memory dan CPU. Mikro Wireless ini mampu menampilkan informasi yang ditulis pada bahasa WML dan juga menterjemahkan versi sederhana dari JavaScript yang disebut dengan Skrip WML.

    PENGERTIAN DARI WML?
    WML merupakan singkatan dari Wireless Markup Language. Adalah bentuk sederhana dari HTML namun merupakan bentuk dasar dari XML. WML digunakan untuk membuat halaman yang nantinya akan ditampilkan pada browser WAP. Halaman pada WML disebut sebagai DECKS yang merupakan set pembentukkan dari CARDS.

    APAKAH SKRIPSI WML ITU?
    WML menggunakan skripsi WML untuk menjalankan kode sederhana pada klien. SkripsiWML adalah bahasa sederhana JavaScript. Skripsi WML tidak ditempatkan pada halaman WML. Halaman WML hanya mengandung referensi untuk skripsi URL. Skripsi WML perlu dibentuk menjadi kode byte pada server sebelum bisa untuk dijalankan pada browser WAP.

    1. WAP Dasar
    2. Format WML
    3. Link WML
    4. Input WML
    5. Tasks WML
    6. Timer WML
    7. Variabel WML
    8. Contoh WML
    9. Validasi WML
    10. Demo WAP
    11. W3schools WAP

    Beberapa hal lainnya yang mungkin perlu anda ketahui Referensi WAP, Karakter WAP dan Definisi tipe dokumen WML.

0 komentar:

Leave a Reply

BLOG'E KONCO-KONCO

Bayu setiawan

Jadi penggemar di Facebook

Leave comment

Hot News

Halaman ini adalah sebuah blog sederhana sebagai wadah untuk kita belajar bersama.. untuk para master dimohon berkenan untuk share ilmunya demi kemajuan kita bersama

Search

ANEKA DOWNLOAD